Sabtu, 03 Maret 2012

membuat mobil mobilan

Jangan Buang Sampah !

Membuat Mobil-mobilan dari kotak sabun
Mobil-mobilan dari kotak sabun
Sampah merupakan masalah yang tidak akan ada habisnya, karena selama masih ada kehidupan, sampah akan terus diproduksi.
Jumlah produksi sampah tentu berbanding lurus dengan jumlah penduduk. Menurut BPS, jumlah penduduk Indonesia tahun 2009 diperkirakan mencapai 231 juta jiwa.

Jika 1 keluarga setiap harinya memproduksi 1 kantong penuh sampah, berarti negara kita setiap harinya memproduksi  ratusan juta kantong sampah.
SETIAP HARI. Itu baru sampah keluarga, belum lagi sampah pasar atau industri.
Tak heran jika bukan lingkungan asri yang kita dapatkan, melainkan kondisi lingkungan yang semakin memburuk. Sampah dimana-mana, udara tidak sedap menyengat hidung.
Salah siapa ? Siapa yang bertanggung jawab dalam pengelolaan sampah ?
Daripada sibuk menuding sana-sini, yuk kita mulai dari diri sendiri untuk melakukan sesuatu, karena sadar atau tidak, kita juga turut andil dalam memproduksi ratusan juta kantong sampah tersebut.
Kita bisa mulai dari yang kecil, yaitu memilah-milah sampah kering dan basah.
Mungkin ini belum seberapa, tapi paling tidak jika kita bisa memilah sampah basah/kering, itu akan memudahkan pemulung untuk mengambil dan memanfaatkan sampah yang masih bisa mereka manfaatkan.
Naik satu tingkat, kita bisa membuat daur ulang dari sampah yang sudah kita pilah2 tadi.
Jika daur ulang sampah basah memerlukan waktu dan tenaga extra, kita bisa mulai dengan mendaur ulang sampah kering seperti bungkus mie instan, kotak sabun, kotak susu dan lain-lain.
Sampah plastik seperti bungkus mie instan, bungkus refill minyak bisa diolah menjadi berbagai kreasi indah dan bermanfaat seperti yang sudah dilakukan oleh Ibu Hj Lilis bersama kelompok ibu-ibu kelurahan Cibinong.
Sedangkan kotak sabun, kardus susu bisa kita manfaatkan untuk membuat aneka permainan untuk si kecil, seperti kartu kwartet, mobil2an, rumah dan lain2.
Khusus untuk membuat mobil-mobilan dari kotak sabun, ada lho petunjuknya di buku Ensiklopedi Bocah Muslim Seri “Teknologi”, seperti di bawah ini :
Membuat Mobil-mobilan
Membuat Mobil-mobilan
Mempersiapkan bahan
Mempersiapkan bahan
Hasilnya
Tada .. !! Keren kan hasilnya ... :)
Selamat mencoba .. :)

1 komentar:

  1. Kreatif banget ini bisa buat mobil-mobilan sendiri, perlu ditiru. makasih.

    BalasHapus